Tips agar sepeda motor tidak mogok saat menerobos banjir

Tips agar sepeda motor tidak mogok saat menerobos banjir
Tips agar sepeda motor tidak mogok saat menerobos banjir. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Perhatikan ketinggian air jangan sampai melewati busi pada motor. Hal itu bisa menyebabkan pengapian dalam mesin tidak berjalan sempurna.

2. Mematikan mesin motor saat menerobos banjir akan menghindari masuknya air ke dalam mesin melalui knalpot.

3. Sumbatlah lubang knalpot dengan spons bila Anda masih tetap ingin memaksakan mesin motor hidup. Setidaknya itu dapat mengurangi air masuk ke mesin.

4. Bila motor mogok setelah menerobos banjir, angkat body motor dengan posisi knalpot di bawah. Upaya itu dilakukan agar air yang dalam knalpot keluar.

5. Saat musim hujan, berikan perhatian lebih untuk busi. Lapisilah komponen busi dengan gemuk atau grease. Setidaknya pelindung itu dapat meminimalisasi air masuk ke area pengapian.

6. Perhatikan spakbor atau tameng air pada sepeda motor. Sebenarnya sepeda motor dirancang untuk tahan dalam berbagai kondisi apapun. Jika Anda melepas spakbor, sebaiknya dipasang kembali saat musim hujan. Fungsi utama spakbor adalah untuk memecah air. Saat dilepas, air akan dengan mudah masuk pada bagiab mesin.

7. Uang tambahan, mau tidak mau, diperlukan saat musim hujan tiba. Bila saat banjir datang lalu motor Anda mogok, maka biasanya jasa servis motor di bengkel akan naik 50%-70%. (Dani Ramdani)***

No comments:

Powered by Blogger.