Cara Mengecek Keaslian Ijazah

Cara Mengecek Keaslian Ijazah
Malem Geng, Sambil Seruput Kopi, Gue Mau Cerita Nih. Di Group Whatsapp Temen-temen Gue Lagi Rame Masalah Ijazah. Gue Kasih Contoh Kasusnya Geng, "Setiap Ijazah Kan Ada Nomornya, Contoh Nama Loe Tedi, No Ijazah 123.124.xxx, Pas Loe Check Nomor Ijazah Loe Di Website Dikti, Ternyata Nomor Ijazah Loe Tuh Atas Nama Orang Lain" Nah Serem Kan Geng.

Entah Ini Hoax Atau Beneran Yang Jelas Bikin Ngeri Geng, Jangan-jangan Ijazah Gue Juga Gitu. Karena Kebayang Kan Geng, Biaya Yang Loe Keluarin Tuh Gak Sedikit Buat Nyelesaiin Kuliah 8 Smester, Belum Gadang Tiap Hari Ngerjain Tugas, Trus Bikin Skripsi Yang Buat Loe Berantem Sama Bokin Kaya Perang Dunia Kedua.

Dari Cerita Temen Gue Yang Bikin Resah, Gue Mulai Googling Geng. Ternyata Geng, Untuk menghentikan munculnya ijazah palsu, Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi mengambil langkah serius dengan memberlakukan Penomoran Ijazah Nasional (PIN) dan Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik (Sivil).

SIVIL merupakan sistem verifikasi ijazah online yang terintegrasi dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti), sehingga keabsahan seorang lulusan akan diverifikasi konsistensinya dengan riwayat proses pendidikan di perguruan tinggi dan pemenuhan atas standar nasional pendidikan tinggi.

Cara Mengecek Keaslian Ijazah Melalui SIVIL

1. Klik tautan https://ijazah.ristekdikti.go.id/

2. Cari Perguruan Tinggi tempat Loe kuliah Geng, dengan cara tulis Kata Kunci, seperti Universitas, Sekolah Tinggi dan lainnya

3. Tulis nomor Ijazah atau PIN (Penomoran Ijazah Nasional).

4. Lalui pengaman dengan menjawab pertanyaan yang ditampikan.

Barusan Gue Udah Coba Geng, Ijazah Gue Ada Di Data Dikti Dan Atas Nama Gue Sendiri, Lega Geng.

Nah Geng, Sivil Ini Cocok Juga Buat Loe Yang Kerja Di Bagian HRD Atau Personalia Untuk Cek Keaslian Ijazah Calon Karyawan Baru.

Catatan :

"Untuk memastikan keabsahan ijazah Loe Geng, pastikan nomor ijazah dapat diverifikasi melalui SIVIL.

Pastikan Geng mengisi Perguruan Tinggi, Nomor Ijazah dan Angka pengaman dengan benar.

Apabila nomor ijazah Loe tidak terdaftar Geng, silakan hubungi Perguruan Tinggi yang menerbitkan ijazah untuk memastikan data Loe Geng telah dilaporkan melalui PD-DIKTI".

Comments

Popular posts from this blog

Undangan Solat Jumat

Soal UTS Bahasa Betawi

Ide Kreatif Bi Ijah