Rendah Hati dan Jauhi Sifat Sombong

Rendah Hati dan Jauhi Sifat Sombong
Agar terhindar dari sifat sombong, maka hendaknya:

πŸ‘‰ Kepada yang lebih tua: katakan pada hati kita, ia telah beribadah lebih lama dari pada aku, tentunya ia lebih di cintai Alloh.

πŸ‘‰ Kepada yang lebih muda: katakan pada hati kita, ia masih muda jadi dosa yang ia lakukan lebih sedikit dibandingkan aku yang telah banyak berbuat dosa kepada Alloh.

πŸ‘‰ Kepada yang lebih pintar ilmu agamanya: katakan pada hati kita, Alloh lebih cinta kepada orang beramal dengan menggunakan ilmunya.

πŸ‘‰ Kepada orang yang bodoh: katakan kepada hati kita, ia mengerjakan ma'shiyat kepada Alloh karena kebodohannya, sedangkan aku tetap berbuat ma'shiyat padahal aku sudah tau ilmunya.

πŸ‘‰ Kepada orang gila: katakan kepada hati kita, ia tidak beribadah kepada Alloh karena kegilaannya, dan ia tidak dimintakan pertanggung jawannya di akhirat kelak, bagaimana dengan aku?

πŸ‘‰Hati-hatilah wahai diri...
Syaithan selalu berusaha menggoda anak cucu adam. Menghiasi diri dengan merasa lebih baik dari orang lain.
Dan sifat seperti itu mendekati kesombongan, sedang kesombongan adalah sifat yang dibenci oleh Alloh Azza wa Jalla.

πŸ‘‰“Tidak akan masuk surga orang yang dalam hatinya terdapat kesombongan walau sebesar biji sawi.” [HR. Muslim]πŸ‘ˆ

πŸ‘‰Saudaraku mari melakukan amalan dengan ikhlas dan mencontoh Nabi, jangan sampai kita melakukan semua amalan dengan riya' dan selalu merasa lebih baik dari orang lain.πŸ‘ˆ

In Syaa Allah penuh berkah.

No comments:

Powered by Blogger.